Minggu, 20 Maret 2011

Teknik Sipil

Teknik sipil adalah teknik profesional disiplin yang berhubungan dengan desain, konstruksi, dan pemeliharaan dan alami membangun lingkungan fisik, termasuk karya-karya seperti jembatan , jalan , kanal , bendungan , dan . Civil engineering adalah yang tertua rekayasa disiplin setelah teknik militer , dan itu didefinisikan untuk membedakan-militer rekayasa bukan dari teknik militer. Hal ini secara tradisional dibagi menjadi beberapa sub-disiplin ilmu termasuk rekayasa lingkungan , rekayasa geoteknik , rekayasa struktur , rekayasa transportasi , atau kota kota rekayasa , rekayasa sumber daya air , bahan rekayasa , rekayasa pesisir ,survei , dan konstruksi teknik . Teknik Sipil terjadi pada semua tingkatan: di sektor publik dari kota sampai ke pemerintah nasional, dan dalam sektor swasta dari individu pemilik rumah sampai perusahaan internasional


Sejarah Profesi Teknik Sipil
Teknik telah menjadi aspek kehidupan sejak awal keberadaan manusia. Praktek-praktek awal teknik sipil mungkin telah dimulai antara 4000 dan 2000 SM di Mesir Kuno dan Mesopotamia (Irak Kuno) ketika manusia mulai meninggalkan sebuah nomaden keberadaan, sehingga menyebabkan kebutuhan untuk pembangunan tempat hunian. Selama ini, transportasi menjadi semakin penting menuju pengembangan roda dan berlayar .

Sampai zaman modern tidak ada perbedaan yang jelas antara teknik sipil dan arsitektur , dan insinyur panjang dan arsitek terutama variasi geografis mengacu pada orang yang sama, sering digunakan secara bergantian. Pembangunan Piramida di Mesir (sekitar 2700-2500 SM) mungkin dianggap sebagai contoh pertama dari konstruksi struktur besar. Lain kuno bersejarah konstruksi teknik sipil termasuk Parthenon oleh Iktinos di Yunani Kuno (447-438 SM), Way Appian oleh insinyur Romawi (c. 312 SM), Tembok Besar China oleh Jenderal Meng T'ien atas perintah dari Ch ' di Kaisar Shih Huang Ti (c. 220 SM) dan stupa dibangun di kuno Sri Lanka seperti Jetavanaramaya dan irigasi yang luas di Anuradhapura . Bangsa Romawi mengembangkan struktur sipil di seluruh kerajaan mereka, termasuk terutama saluran air , insulae , pelabuhan, jembatan, bendungan dan jalan.

The Archimedes screw dioperasikan oleh tangan dan bisa menaikkan air secara efisien.

Pada abad ke-18, teknik sipil istilah ini diciptakan untuk memasukkan segala sesuatu sipil sebagai lawan teknik militer. The-memproklamirkan diri insinyur sipil pertama adalah John Smeaton yang menyusun Mercusuar Eddystone .Pada 1771 Smeaton dan beberapa rekannya membentuk Smeatonian Society of Civil Engineers, sekelompok pemimpin informal profesi yang bertemu saat makan malam. Meskipun ada bukti dari beberapa pertemuan teknis, itu sedikit lebih dari sebuah masyarakat sosial.

Pada tahun 1818 Institution of Civil Engineers didirikan di London , dan pada tahun 1820 insinyur terkemuka Thomas Telford menjadi presiden pertama. Lembaga ini menerima Piagam Royal pada tahun 1828, secara resmi mengakui teknik sipil sebagai sebuah profesi. Its charter teknik sipil didefinisikan sebagai:
seni mengarahkan sumber besar kekuasaan di alam untuk penggunaan dan kenyamanan manusia, sebagai sarana produksi dan lalu lintas di negara-negara, baik untuk perdagangan eksternal dan internal, seperti yang diterapkan dalam pembangunan jalan, jembatan, saluran air, kanal , sungai navigasi dan dermaga untuk melakukan hubungan internal dan pertukaran, dan dalam pembangunan pelabuhan, pelabuhan, tahi lalat, pemecah gelombang dan mercusuar, dan dalam seni navigasi dengan daya buatan untuk tujuan perdagangan, dan konstruksi dan penerapan mesin, dan di drainase kota dan kota-kota.

Perguruan tinggi swasta pertama yang mengajar Teknik Sipil di Amerika Serikat Norwich University didirikan tahun 1819 oleh Kapten Alden Partridge.Gelar pertama di Teknik Sipil di Amerika Serikat diberikan oleh Rensselaer Polytechnic Institute pada tahun 1835. Yang pertama Gelar tersebut akan diberikan kepada seorang wanita diberikan oleh Cornell University untuk Nora Stanton Blatch pada tahun 1905.


Sejarah Teknik Sipil

Teknik sipil adalah penerapan prinsip-prinsip fisika dan ilmiah, dan sejarah adalah sangat berhubungan erat dengan kemajuan dalam pemahaman fisika dan matematika sepanjang sejarah. Karena teknik sipil adalah profesi yang luas, termasuk beberapa yang terpisah khusus sub-disiplin ilmu, sejarah adalah terkait dengan pengetahuan tentang struktur , material, ilmu geografi , geologi , tanah , hidrologi , lingkungan , mekanik dan bidang lainnya.

Sepanjang sejarah kuno dan abad pertengahan paling desain arsitektur dan konstruksi dilakukan oleh seniman , seperti tukang batu dan tukang kayu , naik ke peran mandor . Pengetahuan dipertahankan dalam guild dan jarang digantikan oleh kemajuan. Struktur, jalan dan prasarana yang ada telah berulang-ulang, dan peningkatan skala yang incremental.

Salah satu contoh awal dari sebuah pendekatan ilmiah dan matematika masalah fisik berlaku untuk teknik sipil adalah pekerjaan Archimedes di abad ke-3 SM, termasuk Archimedes Prinsip, yang menyokong pemahaman kita tentang daya apung , dan solusi praktis seperti 'sekrup Archimedes .Brahmagupta , seorang matematikawan India, yang digunakan aritmatika pada abad ke-7 M, berdasarkan angka Hindu-Arab, untuk penggalian (volume) perhitungan.

Para insinyur sipil

Pendidikan dan lisensi


Institution of Civil Engineers kantor pusat di London
insinyur sipil biasanya memiliki sebuah gelar akademis di jurusan teknik sipil. Panjang studi untuk gelar tersebut biasanya tiga sampai lima tahun dan tingkat selesai biasanya ditetapkan sebagai Sarjana Teknik , meskipun beberapa universitas menunjuk gelar sebagai Bachelor of Science . Tingkat umumnya termasuk unit meliputi fisika, matematika, manajemen proyek , desain dan topik-topik tertentu di bidang teknik sipil. Awalnya topik seperti menutup sebagian besar, jika tidak semua, dari sub-disiplin ilmu teknik sipil. Siswa kemudian memilih untuk spesialisasi dalam satu atau lebih disiplin sub-menjelang akhir derajat. Sementara sebuah Sarjana (ST / BSc) Degree biasanya akan memberikan para siswa sukses dengan kualifikasi terakreditasi industri, beberapa universitas menawarkan penghargaan rekayasa pascasarjana (MEng / MSc) yang memungkinkan pelajar untuk melanjutkan spesialisasi di bidang khusus mereka kepentingan di dalam rekayasa.

Di kebanyakan negara, gelar Bachelor di bidang teknik merupakan langkah pertama menuju sertifikasi profesional dan program gelar itu sendiri disertifikasi oleh sebuah badan profesional . Setelah menyelesaikan program sarjana bersertifikat insinyur harus memenuhi berbagai persyaratan (termasuk pengalaman kerja dan persyaratan ujian) sebelum disertifikasi. Setelah disertifikasi, insinyur tersebut ditetapkan judul Profesional Engineer (di Amerika Serikat, Kanada dan Afrika Selatan ), Chartered Engineer (di sebagian besar Persemakmuran negara), Chartered Professional Engineer (di Australia dan Selandia Baru ), atau Eropa Engineer (dalam banyak dari Uni Eropa ). Ada perjanjian rekayasa internasional antara badan-badan profesional yang relevan yang dirancang untuk memungkinkan para insinyur untuk berlatih melintasi perbatasan internasional.

Kelebihan dari sertifikasi bervariasi tergantung pada lokasi. Sebagai contoh, di Amerika Serikat dan Kanada "hanya seorang insinyur berlisensi dapat mempersiapkan, menandatangani, dan segel, dan menyerahkan rencana teknik dan gambar kepada otoritas publik untuk persetujuan, atau teknik bekerja segel untuk klien publik dan swasta.". Ini persyaratan diberlakukan oleh negara dan undang-undang provinsi seperti Quebec Engineers Undang-Undang. Di negara lain, tidak ada peraturan seperti itu tidak ada. Di Australia, negara perizinan insinyur terbatas pada keadaan Queensland .Hampir semua badan sertifikasi menjaga kode etik yang mereka harapkan semua anggota untuk mematuhi atau berisiko pengusiran. Dengan cara ini, organisasi-organisasi ini memainkan peran penting dalam menjaga standar etika untuk profesi. Bahkan di yurisdiksi dimana sertifikasi memiliki sedikit atau tidak ada bantalan hukum pada pekerjaan, insinyur tunduk pada hukum kontrak . Dalam kasus di mana insinyur kerja sebuah gagal ia atau dia mungkin tunduk pada kesalahan kelalaian dan, dalam kasus yang ekstrim, tuduhan kelalaian kriminal . insinyur bekerja Seorang juga harus mematuhi peraturan lainnya banyak dan regulasi seperti bangunan kode dan undang-undang yang berkaitan dengan hukum lingkungan .


Karir

Tidak ada satu jalur karir khas untuk insinyur sipil. Kebanyakan orang yang lulus dengan gelar teknik sipil mulai dengan pekerjaan yang membutuhkan tingkat rendah tanggung jawab, dan sebagai insinyur baru membuktikan kompetensi mereka, mereka dipercaya dengan tugas-tugas yang memiliki konsekuensi yang lebih besar dan memerlukan tingkat yang lebih tinggi tanggung jawab. Namun, dalam setiap cabang dari pilihan jalur karir teknik sipil bervariasi. Dalam beberapa bidang dan perusahaan, entry-level insinyur diletakkan untuk bekerja terutama memantau pembangunan di lapangan, yang berfungsi sebagai "mata dan telinga" dari insinyur desain senior, sedangkan di daerah lain, entry-level insinyur melakukan tugas-tugas yang lebih rutin analisis atau desain dan interpretasi.insinyur yang berpengalaman biasanya melakukan analisis yang lebih rumit atau karya desain, atau manajemen proyek desain lebih kompleks, atau manajemen insinyur lainnya, atau ke dalam konsultasi khusus, termasuk rekayasa forensik .


Sub-disiplin

Secara umum, teknik sipil berkaitan dengan antarmuka keseluruhan proyek tetap manusia diciptakan dengan dunia yang lebih besar. insinyur sipil Umum bekerja sama dengan surveyor dan insinyur sipil khusus untuk memenuhi dan melayani proyek tetap dalam situs mereka masyarakat, diberikan dan terrain dengan grading merancang, drainase, trotoar , pasokan air, layanan saluran pembuangan, listrik dan pasokan komunikasi, dan divisi tanah. insinyur Umum menghabiskan banyak waktu mereka mengunjungi lokasi proyek, pengembangan konsensus masyarakat, dan menyiapkan rencana konstruksi. Umum teknik sipil juga disebut sebagai teknik situs , sebuah cabang dari teknik sipil yang terutama berfokus pada mengubah sebidang tanah dari satu penggunaan yang lain. insinyur sipil biasanya menerapkan prinsip-prinsip rekayasa geoteknik, rekayasa struktural, teknik lingkungan, teknik transportasi dan rekayasa konstruksi untuk proyek pekerjaan perumahan, komersial, industri dan masyarakat dari semua ukuran dan tingkat konstruksi.




rekayasa Pesisir

Pesisir teknik berkaitan dengan pengelolaan wilayah pesisir. Dalam beberapa yurisdiksi laut dan pesisir istilah pertahanan perlindungan digunakan untuk berarti, masing-masing, pertahanan terhadap banjir dan erosi. Pertahanan pantai panjang adalah istilah yang lebih tradisional, namun pengelolaan pesisir telah menjadi lebih populer sebagai lapangan telah diperluas untuk mencakup teknik-teknik yang memungkinkan erosi untuk mengklaim tanah.



Konstruksi bangunan untuk blok beberapa apartemen

Teknik Konstruksi


rekayasa konstruksi melibatkan perencanaan dan pelaksanaan desain dari transportasi, pengembangan situs, insinyur hidrolik, lingkungan, struktural dan geoteknik. Sebagai perusahaan konstruksi cenderung memiliki risiko bisnis lebih tinggi dibanding jenis lain dari perusahaan teknik sipil, insinyur konstruksi yang cenderung untuk mengambil peran yang lebih bisnis seperti di alam: menyusun dan mengkaji kontrak , mengevaluasi operasi logistik , dan-pemantauan harga erat dari diperlukan pasokan.



Teknik Gempa


Gempa rekayasa mencakup berbagai kemampuan struktur untuk menahan berbahaya gempa eksposur di lokasi lokasi tertentu mereka.


Gempa-bukti dan besar piramida El Castillo, Chichen Itza

Gempa rekayasa adalah disiplin sub kategori yang lebih luas teknik Struktural. Tujuan utama dari rekayasa gempa adalah:



Snapshot dari -meja kocok video pengujian dasar-terisolasi (kanan) dan teratur (kiri) model bangunan
  • Memahami interaksi antara struktur dengan tanah goyah.
  • Meramalkan kemungkinan konsekuensi dari gempa bumi.
  • Merancang, membangun dan memelihara struktur untuk tampil pada paparan gempa sampai harapan dan sesuai dengan kode bangunan .




Teknik Lingkungan


Sebuah tempat tidur filter, bagian daripengolahan limbah
Lingkungan teknik berkaitan dengan perlakuan kimia, biologi, dan / atau limbah termal, pemurnian air dan udara, dan pemulihan lokasi yang terkontaminasi, karena pembuangan limbah sebelum atau kontaminasi disengaja. Di antara topik yang dibahas oleh teknik lingkungan adalah transportasi polutan, pemurnian air , pengolahan air limbah , polusi udara , pengolahan limbah padat dan pengelolaan limbah berbahaya . insinyur lingkungan dapat terlibat dengan pengurangan polusi, teknik hijau, dan ekologi industri . Rekayasa lingkungan juga berkaitan dengan pengumpulan informasi pada konsekuensi lingkungan dari tindakan yang diusulkan dan penilaian efek dari tindakan yang diusulkan untuk tujuan membantu masyarakat dan pembuat kebijakan dalam proses pengambilan keputusan.


teknik lingkungan adalah istilah kontemporer untuk teknik sanitasi , meskipun rekayasa sanitasi tradisional memiliki banyak tidak termasuk pengelolaan limbah berbahaya dan pekerjaan rehabilitasi lingkungan yang tercakup dalam rekayasa lingkungan panjang. Beberapa istilah lain yang digunakan adalah rekayasa kesehatan masyarakat dan teknik kesehatan lingkungan.


rekayasa Geoteknik


Konstruksi dari Dam Tambak di Navarra, Spanyol



rekayasa geoteknik adalah daerah teknik sipil peduli dengan batu dan tanah bahwa sistem teknik sipil yang didukung oleh. Pengetahuan dari bidang geologi,ilmu material dan pengujian, mekanik, dan hidrolik yang diterapkan oleh para insinyur geoteknik dan ekonomis aman desain pondasi , dinding penahan , dan struktur yang serupa. keprihatinan lingkungan dalam hubungannya dengan tanah dan pembuangan limbah telah melahirkan daerah baru studi disebut rekayasa geoenvironmental mana biologi dan kimia yang penting.

Beberapa kesulitan unik dari rekayasa geoteknik adalah hasil dari variabilitas dan sifat tanah. Kondisi batas sering didefinisikan dengan baik dalam cabang lain dari teknik sipil, tapi dengan tanah, jelas mendefinisikan kondisi ini dapat menjadi mustahil. sifat material dan perilaku tanah juga sulit untuk memprediksi karena variabilitas tanah dan terbatas penyelidikan . Hal ini bertentangan dengan sifat baik pasti materi yang relatif dari baja dan beton digunakan di daerah lain teknik sipil. mekanik tanah , yang menggambarkan perilaku tanah, juga rumit karena tanah menunjukkan nonlinear ( stress -dependent) kekuatan , kekakuan, dan dilatancy ( perubahan volume yang terkait dengan aplikasi tegangan geser). 


Air rekayasa sumber daya



Hoover Dam

sumber daya air teknik berkaitan dengan pengumpulan dan pengelolaan air (sebagai sumber daya alam ).Sebagai suatu disiplin karena itu menggabungkan hidrologi, ilmu lingkungan, meteorologi , geologi, konservasi , dan pengelolaan sumber daya . Daerah ini dari teknik sipil berkaitan dengan prediksi dan manajemen baik kualitas dan kuantitas air di kedua (bawah tanah akuifer ) dan di atas tanah (danau, sungai, dan sungai) sumber daya. insinyur sumberdaya air menganalisa dan model yang sangat kecil ke daerah-daerah yang sangat besar dari bumi untuk memprediksi jumlah dan isi air mengalir ke dalam, melalui, atau keluar dari fasilitas. Meskipun desain sebenarnya fasilitas dapat dibiarkan untuk insinyur lain. Hidrolik rekayasa berkaitan dengan aliran dan pengangkutan cairan, terutama air. Daerah ini dari teknik sipil erat terkait dengan desain pipa , jaringan pasokan air , fasilitas drainase (termasuk jembatan, bendungan, saluran ,gorong-gorong , tanggul , selokan badai ), dan kanal. insinyur hidrolik desain fasilitas ini menggunakan konsep tekanan fluida , statika fluida , dinamika fluida, dan hidrolika, antara lain.


Teknik Material



Aspek lain teknik sipil adalah bahan ilmu pengetahuan. Bahan teknik berkaitan dengan keramik seperti beton, aspal beton, Fokus logam sekitar kekuatan meningkat, logam seperti aluminium dan baja, dan polimer seperti polimetilmetakrilat (PMMA) dan serat karbon.
Bahan rekayasa juga terdiri dari perlindungan dan pencegahan seperti cat dan selesai. Paduan adalah aspek lain dari teknik material, menggabungkan dua jenis logam untuk menghasilkan logam yang kuat.

Teknik Struktural




Burj Khalifa , di gedung tertinggi dunia , di Dubai

Clifton Suspension Bridge , dirancang oleh Isambard Kingdom Brunel , di Bristol, Inggris

Rekayasa Struktural berkaitan dengan perencanaan struktur dan analisis struktur bangunan, jembatan, menara , jalan layang ,terowongan , lepas pantai struktur seperti ladang minyak dan gas di laut, dan struktur lainnya. Hal ini melibatkan identifikasi beban yang bertindak atas struktur dan kekuatan dan tekanan yang timbul dalam bahwa struktur karena adanya beban, dan kemudian merancang struktur untuk berhasil mendukung dan menahan beban tersebut. Beban bisa berat sendiri dari struktur, beban mati lain, beban hidup, bergerak (roda) beban, beban angin, beban gempa, beban dari perubahan suhu dll Insinyur struktur harus merancang struktur aman bagi pengguna mereka dan untuk berhasil memenuhi fungsi mereka dirancang untuk (akandiperbaiki). Karena sifat dari beberapa kondisi pembebanan, sub-disiplin ilmu dalam rekayasa struktural telah muncul, termasukrekayasa angin dan teknik gempa.

Desain pertimbangan akan mencakup kekuatan, kekakuan, dan stabilitas struktur ketika mengalami beban yang mungkin statis, seperti mebel atau diri berat, atau dinamis, seperti beban angin, seismik, orang-orang atau kendaraan, atau sementara, seperti sementara konstruksi beban atau dampak. Pertimbangan lain termasuk biaya, Konstruksi gedung, keselamatan , estetika dankeberlanjutan .


Survei



US Navy Surveyor di tempat kerja dengan instrumen leveling .
Survei adalah proses dimana seorang surveyor tindakan dimensi tertentu yang umumnya terjadi di permukaan bumi. Survei peralatan, seperti tingkat dan theodolites, digunakan untuk pengukuran yang akurat penyimpangan sudut, horisontal, jarak vertikal dan kemiringan. Dengan komputerisasi, pengukuran jarak elektronik (EDM), total stasiun, survei GPS dan laser scanning telah ditambah (dan untuk sebagian besar menggantikan) instrumen optik tradisional. Informasi ini sangat penting untuk mengkonversi data ke dalam sebuah representasi grafis dari permukaan bumi, dalam bentuk peta.Informasi ini kemudian digunakan oleh para insinyur sipil, kontraktor dan bahkan Realtors untuk desain dari, membangun, dan perdagangan, masing-masing. Elemen dari suatu bangunan atau struktur harus benar berukuran dan diposisikan dalam hubungan satu sama lain dan untuk batas situs dan struktur berdekatan. Meskipun survei adalah profesi yang berbeda dengan kualifikasi yang terpisah dan pengaturan lisensi, insinyur sipil dilatih dalam dasar-dasar survei dan pemetaan , serta sistem informasi geografis . Surveyor juga dapat lay out rute dari kereta api ,trem trek , jalan tol , jalan, jaringan pipa dan jalan-jalan juga posisi lainnya infrastruktur , seperti pelabuhan , sebelum konstruksi.


Survei Tanah


Di Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan paling Commonwealth survei tanah negara adalah dianggap sebagai profesi yang berbeda. Tanah surveyor tidak dianggap insinyur, dan memiliki asosiasi profesi sendiri dan persyaratan lisensi. Jasa surveyor berlisensi tanah umumnya dibutuhkan untuk survei batas (untuk menetapkan batas-batas paket dengan menggunakan keterangan hukum) dan rencana pembagian (a plot atau peta berdasarkan survei terhadap sebidang tanah, dengan garis-garis batas ditarik di dalam bingkisan yang lebih besar untuk menunjukkan penciptaan garis batas baru dan jalan), yang keduanya secara umum disebut sebagai survei kadaster .


Survei Konstruksi


Konstruksi survei umumnya dilakukan oleh teknisi khusus. Tidak seperti surveyor tanah, rencana yang dihasilkan tidak memiliki status hukum. Konstruksi surveyor melakukan tugas-tugas berikut:
Survei yang ada kondisi tempat kerja masa depan, termasuk topografi, bangunan dan infrastruktur yang ada, dan bahkan termasuk infrastruktur bawah tanah jika memungkinkan;
Konstruksi survei (dinyatakan "lay-out" atau "setting-out"): untuk mengawasi titik rujukan dan penanda yang akan memandu pembangunan struktur-struktur baru seperti jalan atau bangunan untuk pembangunan selanjutnya;
Verifikasi lokasi struktur selama konstruksi;
As-Dibangun survei: survei yang dilakukan pada akhir proyek konstruksi untuk memverifikasi bahwa pekerjaan berwenang telah diselesaikan dengan spesifikasi set pada rencana.


Teknik Transportasi



Transportasi teknik berkaitan dengan memindahkan orang dan barang secara efisien, aman, dan dengan cara yang kondusif untuk sebuah komunitas dinamis. Ini melibatkan menentukan, merancang, membangun, dan memelihara infrastruktur transportasi yang meliputi jalan-jalan , kanal , jalan raya , sistem kereta api , bandara , pelabuhan , dan angkutan massal . Hal ini mencakup area seperti desain transportasi, perencanaan transportasi , rekayasa lalu lintas , beberapa aspek rekayasa perkotaan , teori queueing , rekayasa perkerasan , Intelligent Sistem Transportasi (ITS), dan manajemen infrastruktur.

atau perkotaan rekayasa Kota


Kota rekayasa prihatin dengan kota infrastruktur. Ini melibatkan menentukan, merancang, membangun, dan memelihara jalan-jalan, trotoar , jaringan penyediaan air , got, penerangan jalan , sampah kota pengelolaan dan pembuangan, depo penyimpanan berbagai bahan curah yang digunakan untuk pemeliharaan dan pekerjaan umum (garam, pasir, dll) , publik taman dan jalur sepeda . Dalam kasus tanah utilitas jaringan, juga mungkin termasuk bagian sipil (saluran dan ruang akses) dari jaringan distribusi lokal dari jasa telekomunikasi dan listrik. Hal ini juga dapat mencakup mengoptimalkan pengumpulan sampah dan bus layanan jaringan. Beberapa disiplin ilmu lain tumpang tindih dengan spesialisasi teknik sipil, namun teknik kota berfokus pada koordinasi dari jaringan infrastruktur dan jasa, karena mereka sering dibangun secara simultan, dan dikelola oleh otoritas kota yang sama.